Lompat ke konten
Home » Proses Lengkap Cara Pengecoran Jalan Beton

Proses Lengkap Cara Pengecoran Jalan Beton

Pembangunan jalan raya setiap hari mengalami peningkatan. Hal ini terjadi karena kebutuhan masyarakat akan akses mobilitas kendaraan yang juga semakin tinggi. Beberapa sektor juga membutuhkan jasa kontraktor dengan berbagai layanan cara pengecoran jalan beton.

Mengenal Jalan Beton dan Cara Pengecoran Jalan beton

Jalan beton adalah sebuah akses jalan raya yang berbahan dasar beton. Jalan beton dinilai memiliki kelebihan jika dibandingkan jalan aspal. Penggunaan jalan beton di pilih pada beberapa akses jalan seperti yang dapat Anda lihat di jalan pendukung Ibukota.

Beberapa kelebihan dan kekurangan yang di miliki jalan beton dapat Anda simak di bawah ini.

1. Kelebihan Jalan Beton

Jalan beton dinilai lebih kuat jika di bandingkan dengan jalan aspal pada beberapa aspek, seperti:

  • Murah dalam hal pemeliharaan atau maintenance
  • Memiliki daya tahan tinggi
  • Memiliki tingkat elastisitas yang tinggi
  • Menggunakan material yang mudah di dapatkan
  • Dapat menjadi pondasi beton jalan tol

2. Kelemahan Jalan Beton

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, jalan beton juga memiliki kelemahan sebagai berikut.

  • Kualitas jalan berdasarkan pada proses
  • Biaya pembuatan jalan yang tinggi
  • Elevasi jalan akan meningkat

Cara Pengecoran Jalan Beton

Dalam membuat jalan beton, terdapat tahap-tahap yang harus di kerjakan oleh kontraktor. Proses tersebut cukup panjang untuk dapat menghasilkan kualitas jalan beton yang baik. Berikut tahap-tahap dalam pengecoran jalan beton.

Baca juga  Proses Pengecoran Jalan Beton Lengkap

1. Survey Lokasi

Dalam pembangunan jalan, survey lokasi untuk pembuatan jalan adalah hal yang penting. Untuk itu kontraktor pasti akan menawarkan layanan survey lokasi. Lokasi jalan akan di tentukan berdasarkan topografi daerah tersebut.

2. Pembersihan Lokasi

Proses pembersihan lokasi di maksudkan untuk membersihkan area pondasi dari batu-batu, tanaman, akar pohon, dan sampah lainnya. Jika tidak di bersihkan, maka jalan raya akan mudah mengalami kerusakan, seperti retak, erosi, dan sebagainya.

3. Perataan dan Pemadatan Tanah

Proses selanjutnya adalah perataan dan pemadatan tanah yang sudah bersih. Proses ini bertujuan untuk memberikan tekstur tanah yang kuat. Pada proses pemadatan menggunakan roller, kontraktor akan menyiramkan air untuk menjaga tanah dari keretakan.

Kelebihan tanah pada proses ini akan di buang ke tepi jalan untuk membangun drainase sebagai aliran air. Pengangkutan tanah juga akan di lakukan ke tempat lain dengan menggunakan truk. Tanah padat harus memiliki ketinggian yang setara agar tidak terjadi erosi dan genangan air.

4. Membangun Pondasi Beton

Dalam proses membangun pondasi, kontraktor akan meletakkan plastik khusus sebelum menuangkan material adonan. Plastik ini berfungsi untuk menghalangi peresapan adonan langsung ke dalam tanah. Penggunaan plastik juga dipercaya membuat beton lebih kokoh jika di bandingkan tanpa plastik.

5. Penyusunan Tulangan Beton

Berbeda dengan proses pembuatan jalan aspal, jalan beton memiliki tulangan untuk memperkuat adonan beton yang lebih cair. Adonan aspal sendiri lebih cepat keras di bandingkan dengan jalan beton. Wiremesh atau decking ini adalah hal yang wajib di lakukan oleh para kontraktor.

Tulangan beton ini merupakan besi-besi dengan diameter 8mm yang disusun sedemikian rupa. Tulangan ini berfungsi sebagai pengikat lapisan atas beton dan lapisan bawahnya. Penyusunan yang tepat akan memperkuat umur jalan beton.

Baca juga  Mengenal Standar Ketebalan Jalan Beton yang Tepat

6. Pengecoran Beton

Hal yang paling penting dalam pembangunan jalan ini adalah pengecoran dengan menggunakan beton cor ready mix. Penggunaan kualitas beton yang baik akan memengaruhi hasil pengecoran ini. Pengecoran dilakukan dengan menggunakan alat berat mulai dari sebagian jalan.

Setelah pengecoran selesai, kontraktor akan menutup beton dengan plastik untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna. Pemadatan adonan ini menggunakan alat bernama vibrator untuk menutup rongga-rongga yang terdapat di dalam adonan.

Langkah terakhir adalah melakukan penyiraman adonan dengan air secara terus menerus. Penyiraman ini dimaksudkan untuk menghindarkan beton dari ‘dehidrasi’. Setelah itu beton akan di diamkan hingga benar-benar kering dan layak untuk di lewati kendaraan.

PT Kerajaan Aspal Indonesia Kontraktor Pengecoran Beton

Pembangunan jalan beton tidak terlepas dari tim pekerja konstruksi yang ada di belakangnya. Mulai dari tahapan survey, pemilihan material yang tepat, hingga pengerjaan bergaransi, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan hasil pengerjaannya.

Kerajaan Aspal menggunakan alat-alat canggih. Selain itu, Kerajaan Aspal biasa mengerjakan pengaspalan jalan, pembuatan paving block, marka jalan, jasa surveyor, dan penyewaan alat berat.

Berikut beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan jasa Kerajaan Aspal sebagai kontraktor jalan raya.

  • Pengerjaan yang cepat dan rapi
  • Selalu menggunakan bahan berkualitas yang didatangkan langsung dari pabrik
  • Terdapat paket pengaspalan jalan raya
  • Area layanan yang luas di Indonesia
  • Gratis konsultasi dan survey.

Kerajaan Aspal beralamat di Jl. Semanan Raya 09/08 No.3, Semanan, Kec. Kalideres, Jakarta Barat 11850. Untuk menggunakan jasa Kerajaan Aspal, Anda dapat menghubungi kontak-kontak berikut.

  • Whatsapp: 0817591900 / 081280381346 / 087857582024
  • Email: kerajaanaspal@gmail.com
  • Telpon: (021) 5541900
  • Instagram: @kerajaanaspalindonesia
  • Facebook: kerajaan aspal indonesia
  • Youtube: kerajaan aspal
Baca juga  Proses Pengecoran Jalan Tol Beton dan Tahapannya

Jam operasional Kerajaan Aspal mulai dari Senin-Jumat pukul 08.00 – 17.00 dan Sabtu-Minggu pukul 08.00-15.00. Untuk bertanya terkait cara pengecoran jalan beton, jasa konsultasi, dan survey, Anda dapat menghubungi 24 jam.