Lompat ke konten
Home » Proses Pengaspalan Jalan dengan Jasa yang Berkualitas

Proses Pengaspalan Jalan dengan Jasa yang Berkualitas

Proses pengaspalan jalan pastinya membutuhkan peralatan dan bahan yang tepat. Mulai dari alat berat hingga produk aspal yang dipakai. Dengan pemilihan segala material yang berkualitas, jalan aspal akan lebih awet dan tahan lama sehingga aman bagi para pengendara.

Anda pasti sepakat kalau jalan aspal memiliki tekstur yang lebih halus. Jalanannya tidak bergelombang sehingga aman untuk dilalui oleh sejumlah pengendara. Tapi tahukah Anda, ternyata pembuatan jalan aspal tidak langsung meletakkan material saja melainkan melalui beberapa tahap.

Arti dan Proses Pengaspalan Jalan

Pengaspalan merupakan sebuah proses perkerasan jalan melalui perekatan material hitam atau coklat tua untuk pembuatan jalan. Aspal itu sendiri terbuat dari bahan yang diolah dari minyak bumi. Kendaraan tentu akan merasa lebih nyaman saat melalui jalan aspal.

Proses Pengaspalan Jalan

Lalu, bagaimana saja langkah pekerjaan jalan aspal? Ternyata ada beberapa tahap yang harus dilalui sebelum mulai mengerjakan proyek jalan aspal. Berikut adalah ulasan lengkapnya:

1. Proses Pemetaan

Langkah pertama yang penting dalam proses pengaspalan adalah pemetaan. Sebagai langkah awal dalam konstruksi jalan, tentu langkah ini tergolong penting.

Pekerja akan melakukan pemetaan dengan cara mengukur lebar dari jalan, mengetahui sifat tanah, lalu menentukan koordinat jalan sebelum mulai melakukan pengaspalan. Tahap pemetaan sangat penting, terutama ketika hendak menentukan jumlah dari material aspal yang nanti akan digunakan.

2. Proses Pembersihan

Selanjutnya adalah proses pembersihan. Proses ini melalui beberapa tahap, mulai dari pembentukan jalan, menentukan serta meminimalisasi titik-titik jalan lunak, serta mulai menghilangkan puing-puing yang berada di sekitar jalan.

Baca juga  Jasa Pengaspalan Terdekat Termurah team Terbaik Profesional Bergaransi

3. Proses Pengupasan

Langkah ketiga setelah proses pembersihan sebelum proses pengaspalan jalan adalah proses pengupasan atau disebut juga konstruksi jalan dan tanggul. Langkah sebelum melakukan pengaspalan jalan adalah memotong tanah sesuai kebutuhan ketinggian jalan.

Proses ini membutuhkan pengukur theodolite yang bisa mengukur ketinggian. Cara ini akan membantu proses pengaspalan dengan melihat rencana ketinggian, belokan, dan sudut.

4. Proses Pemadatan Tanah

Setelah pemotongan tanah, selanjutnya pekerja akan melakukan penimbunan tanah hingga kemudian terjadi proses pemadatan atau sub grade. Pengaspalan ini dilakukan dengan tanah yang tak memiliki sampah maupun rumput.

Lalu, pengaplikasian aspal dimulai dengan bantuan sejumlah alat berat seperti buldozer maupun vibrator roller.

5. Proses Pelapisan Bawah

Proses pelapisan bawah ini bisa Anda sebut sebagai Subbase Course. dan Proses ini bertujuan melapisi tanah yang awalnya telah padat dengan batu gamping. Tujuan Subbase Course adalah memperkuat aspal jalan, mengurangi lapisan yang ada di atasnya, serta pelindung dari resapan air.

6. Proses Fondasi Atas

Proses selanjutnya yang tak kalah penting adalah proses fondasi atas untuk memberikan daya dukung penuh terhadap jalan. Selain itu, fondasi juga bagus untuk bantalan dari permukaan jalan aspal.

Cara pembuatannya sama dengan pembuatan fondasi bawah, bahan-bahannya berupa campuran pasir dan batu pecah.

7. Proses Pencampuran Panas

Proses pencampuran panas menjadi salah satu proses pengaspalan jalan yang tak kalah penting. Metode ini menggunakan aspal dengan jenis ATB atau dasar perawatan aspal. Sebelum pelapisan dilakukan, lapisan debu perlu dihilangkan terlebih dahulu, lalu ATB mulai direkatkan dengan aspal hot mix.

8. Paving

Proses selanjutnya adalah paving yang menjadi langkah inti pengaspalan. Caranya dengan meletakkan permukaan dengan aspal hot mix sebelum memadatkannya.

Baca juga  Jasa Pengaspalan Jalan Terbaik dan Termurah dari Kerajaan Aspal

9. Finishing

Tahap terakhir dalam proses pengaspalan yaitu tahap finishing. Tahap finishing akan membutuhkan roller pneumatik untuk proses perataan jalan.

Kemudian, Anda juga pasti belum mengetahui berapa suhu aspal saat penghamparan? Rincian suhu ketika penghamparan adalah:

  • Pemadatan awal (125 – 145 derajat celcius);
  • Proses Pemadatan antara (100 – 125 derajat celcius);
  • Pemadatan akhir (sekitar 97 derajat celcius);
  • Pencampuran (sekitar 145 – 155 derajat celcius).

Anda tidak perlu repot memikirkan langkah-langkah pengaspalan jalan di atas, karena bisa menggunakan jasa dari Kerajaan Aspal. Tim yang profesional dan berpengalaman lebih dari delapan tahun akan memberikan kualitas pelayanan yang optimal.

Bahkan banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh jika menyewa jasa kami, mulai dari konsultasi dan survei gratis, layanan bergaransi, harga kompetitif, produk atau material aspal berkualitas, pengerjaan cepat, dan tentunya menggunakan alat berat dalam kondisi prima.

Proses pengaspalan jalan memang butuh banyak langkah. Tapi Anda tak perlu khawatir ketika menggunakan jasa Kerajaan Aspal, karena sudah terbukti kualitas pelayanannya yang tak pernah mengecewakan. Pelayanan meliputi daerah Jabodetabek dan Semarang.