Lompat ke konten
Home » Mengenal Standar Ketebalan Jalan Beton yang Tepat

Mengenal Standar Ketebalan Jalan Beton yang Tepat

Jalan beton telah menjadi pilihan banyak orang saat ingin membuat jalan raya ataupun jalan perumahan. Hal tersebut tidak terlepas dari kualitas beton yang lebih baik dari aspal. Apalagi, standar ketebalan jalan beton sangat tinggi.

Sehingga, Anda tidak perlu mengkhawatirkan jalan raya ataupun jalan perumahan yang terbuat dari bahan baku beton. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu beton dan bagaimana standar jalan beton yang baik, maka simaklah artikel di bawah ini ya.

Pengertian Beton

Beton adalah sebuah bahan campuran atau komposit yang terdiri dari beberapa material, seperti air, agregat halus, agregat kasar, dan bahan lainnya dengan perbandingan tertentu yang menjadikannya sebagai salah satu bahan bangunan yang kuat.

Standar ketebalan jalan beton

Penggunaan beton pun dapat Anda lihat pada berbagai sektor pembangunan. Mulai dari pembangunan rumah hingga pembangunan jalan, seperti jalan raya, jalan desa, dan jalan perumahan.

Apa itu Jalan Beton dan standar ketebalan jalan beton?

Pengguna jalan raya yang semakin banyak dari ke hari membuat pembangunan jalan pun semakin besar. Beton pun menjadi salah satu hal yang terkena dampaknya hingga membuatnya menjadi salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan jalan.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan jalan beton? Jalan beton adalah jalan yang terbuat dari bahan beton. Jalan beton juga terkenal sebagai perkerasan kaku (rigid pavement).

Dalam pembuatan jalan beton, terdapat plat (slab) beton yang berasal dari semen sebagai lapisan pondasi di atas tanah. Alasan plat beton sering disebut sebagai lapisan pondasi adalah karena adanya lapisan aspal beton yang berfungsi sebagai lapisan permukaan pada bagian atasnya.

Baca juga  Pentingnya Mengetahui Mutu Beton untuk Jalan Perumahan

Jalan beton pun terkenal akan kekuatannya, karena adanya modulus elastisitas tinggi di dalamnya. Modulus elastisitas tinggi sendiri merupakan alat untuk mengukur ketahanan bahan atau objek saat mengalami deformasi elastis.

Maka dari itu, kekuatan yang ada pada jalan beton membuatnya banyak digunakan untuk jalan raya yang sering dilewati oleh kendaraan berat, seperti jalan tol. Alasan lain dari penggunaan jalan beton sebagai jalan tol adalah karena lebih awet dan biaya perawatannya yang lebih murah daripada ketika menggunakan jalan aspal.

Kelebihan dan Kekurangan Jalan Beton

Jalan beton memiliki beberapa kelebihan daripada bahan bangunan lainnya yang digunakan untuk membuat jalan, seperti berikut:

  • Biaya perawatannya lebih murah daripada jalan aspal
  • Cocok untuk jalan dengan tanah dasar yang jelek dan lalu lintas kendaraan beratnya cukup sering.
  • Tahan terhadap genangan air maupun banjir.

Sementara, kekurangan yang terdapat dalam jalan beton di antaranya adalah:

  • Karakteristik jalan beton yang menaikkan elevasi jalan membuat jalan beton memiliki ketinggian yang berbeda dengan jalan biasa. Hal ini pun akan menyulitkan kendaraan Anda saat melewatinya.
  • Proses pengecoran pada jalan beton sangat penting, hal ini pun membuat pihak konstruksi harus selalu memperhatikan kehalusan dan gelombang jalan pada jalan beton.
  • Perhitungan yang matang sangat penting saat proses konstruksi agar jalan beton mampu menahan kapasitas berat kendaraan yang melewatinya.
  • Suasana jalan beton yang gersang dan keras juga menjadi kekurangannya.

Standar Ketebalan Jalan Beton di Indonesia

Berapa tebal jalan beton? Sebenarnya, jalan beton di Indonesia hadir dengan berbagai macam ketebalan. Mulai dari strukturnya dan ketebalan yang standar sampai yang tertinggi, tergantung dari kebutuhan jalan itu sendiri.

Dalam pembuatan jalan beton, ketebalan minimal agar jalannya dapat kuat menahan beban berat dan tahan lama adalah 20 cm. Selain ketebalan, mutu beton juga sangat penting. Karena, tiap jenis mutu mempunyai karakteristiknya sendiri yang sesuai dengan fungsi jalannya.

Baca juga  6 Standar Pengecoran Jalan yang Benar

Maka dari itu, mutu beton untuk jalan tol harus selalu di perhatikan agar menghasilkan jalan yang kuat dan awet untuk di lewati oleh segala jenis kendaraan berat. Nantinya, roda ekonomi pun akan berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti dari rusaknya jalan.

Bagi Anda yang ingin membuat jalan beton sudah tidak perlu khawatir dan ribet untuk menentukan perhitungan maupun bahan baku yang akan di gunakan. Karena, Anda dapat menyewa jasa dari produsen jalan beton terpercaya dan berkualitas, yaitu Kerajaan Aspal.

Kontraktor Jalan Beton selalu memperhatikan standar ketebalan jalan beton saat membuat jalan. Sehingga, Anda tidak perlu pusing untuk menghitung ketebalan yang tepat untuk jalan beton. Cukup hubungi Kerajaan Aspal di sini dan dapatkan jalan beton yang kuat dan tahan lama.